Sabtu, 24 April 2010

Belajar Menjadi Pogrammer


Faktor mendasar yang menghambat pembelajaran mengenai suatu hal yang berkaitan dengan komputer ialah rasa kejenuhan kita saat berhadapan dengan komputer dalam waktu yang cukup lama. Untuk itu diperlukan suatu teknik serta schedule yang terencana sehingga dapat mengurangi rasa jenuh dalam proses pembelajaran.

Seorang programmer haruslah berani mencoba sesuatu yang baru dan memiliki jiwa penasaran atau rasa ingin tahu yang kuat, sehingga ketika ia menghadapi suatu masalah atau menemukan kesalahan (finding error) dalam pembuatan program ia akan berusaha terus untuk memperbaiki kesalahan itu. Terkadang memang otak kita akan terasa buntu karena menghadapi suatu permasalahan yang cukup rumit, namun saat itu terjadi cobalah segarkan dulu otak kita dengan istirahat sejenak dan lakukanlah sesuatu yang menyenangkan seperti bermain mini game dikomputer anda atau menyalakan winamp ataupun aktifitas lainnya yang bisa mengendorkan kembali urat syaraf yang tegang.

Belajar dan berusaha menemukan sesuatu yang baru dan dapat di aplikasikan kedalam suatu perangkat lunak (software) merupakan hal yang harus diterapkan dalam diri seorang programmer atau para programmer muda saat ini menggunakan istilah “rajin ngoprek komputer”. Maksimum waktu yang biasa dilakukan oleh sebagian programmer untuk duduk didepan komputer yaitu dalam sehari bisa mencapai 8 (delapan) jam.

Sebelum memulai pembuatan software, terlebih dahulu programer haruslah belajar untuk mengidentifikasi suatu masalah yang mungkin terjadi dalam pembuatan software dengan mengantisipasi beberapa kemungkinan. Karena pada dasarnya pembuatan suatu perangkat lunak (software), si programmer tidak akan pernah luput dari kesalahan, pembuatan software sangat berkaitan erat dengan proses pengkondisian atau logika, dengan kata lain otak kita harus berfikir bagaimana caranya mengantisipasi error program.
Fungsi dan tujuan dari software yang akan dibuat haruslah terlihat jelas agar tidak membingungkan para pengguna (user). Tampilan suatu program (user interface) harus dibuat semenarik mungkin atau se simple mungkin, sehinnga mudah di mengerti oleh user awam yang belum pernah menggunakannya

Beberapa bentuk software yang mungkin biasa digunakan dalam pembelajaran :
<Visual Borland Delphi
<Visual Basic
<Visual C++
<Visual Foxpro
<PHP

Tidak ada komentar: